BLANTERVIO103

Peringati Hari Jadi Desa Patampanua dengan Mengupas Sejarah

Peringati Hari Jadi Desa Patampanua dengan Mengupas Sejarah
Sabtu, 29 Februari 2020


JURNALSATU.COM SOPPENG - Perayaan Hari Jadi Desa Patampanua yang ke-31 dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Hammade Kasim Medde, Desa Patampanua, Marioriawa, Sabtu (29/2/2020).


Perayaan berlangsung meriah dengan dihadiri oleh warga dan diisi dengan beragam kegiatan.



Asisten I Administrasi Pemkab Soppeng, Andi Ibrahim Harta Sanjaya yang datang mewakili Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak dalam penyampaianya berharap melalui peringatan hari jadi ini, sejarah dan budaya desa hasil pemekaran dari desa panincong ini bisa terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat.


"Meskipun secara letak geografis dan demografis berbukit-bukit dengan mata pencaharian utama masyarakat didominasi oleh bertani dan bercocok tanam, namun dari wilayah pelosok dan terpencil inilah banyak pemikir-pemikir konseptor hebat dan handal terlahir" tutur Andi Ibrahim.


Dalam sejarahnya, patampanua sendiri berarti empat Kampung yaitu Kawarang (Kawerang), Medde, Alomoang dan Tampaning yang dibangun menjadi satu.



Pemekaran pertama kali diusulkan  oleh H.Muhammad Idris, dan keputusan pemekaran itu tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur, Kepala Daerah tingkat I Sulawesi Selatan, nomor 175/11/1989 tentang pembentukan desa persiapan menjadi desa dalam wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Soppeng.


Patampanua sejak terbentuknya telah meraih sejumlah prestasi yang sangat membanggakan, salah satunya juara dua Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2013. 


"Semua keberhasilan desa patampanua saat ini berkat perangkat desa, BPD, tokoh-tokoh masyarakat dan tentunya partisipasi aktif dari warga Desa Patampanua" tandas Andi Ibrahim.(id/m.yu)
Bagikan Berita Ini Melalui :
Jurnal Satu

TAMBAHKAN KOMENTAR

406191870095525094