BLANTERVIO103

SDN 54 Bolamallimponge, Pertahankan Kesenian Tradisional Soppeng

SDN 54 Bolamallimponge, Pertahankan Kesenian Tradisional Soppeng
Senin, 10 September 2018

JURNALTIME.com, SOPPENG-- Pendidikan dasar sembilan tahun yang merupakan program pemerintah terus digalakkan dan diprtahankan di SDN 54 Bolamallimponge kelurahan Limpomajang, kecamatan Marioriawa, kabupaten Soppeng,provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).


"Sekolah Dasar Negeri 54 Bolamallimponge yang berada di pinggiran danau Tempe,terus meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kepada semua siswa kelas IV dan kelas V dalam pelatihan alat musik tradisional yang dikenal dengan istilah Oni-Oni Toriolo,"kata H.Rasidi Kepala Sekolah SDN 54 Bolamallimponge,Senin (10/9/18).


"Menurutnya,kegiatan ini dilaksanakan diluar jam pelajaran,pukul 14:00 wita -17:00 wita,setiap hari Sabtu.Dalam kesempatan itu tentunya bisa memberikan pembelajaran kepada para siswa dan siswi untuk mengenal alat tradisional daerah kita ini",jelasnya.


"Dikatakannya,pengenalan dan pembelajaran alat-alat musik tradisional dalam bahasa daerah Bugis Soppeng disebut Oni-Oni Toriolo ini adalah upaya untuk melestarikan dan mempertahankan alat kesenian dan tari tradisional di kabupaten Soppeng", ungkapnya.


 "Para siswa di Sekolah ini dilatih oleh guru kelasnya Ibu Hariba,S.Pd dengan memilih sedikitnya 20 murid untuk dilatih dalam kegiatan ekstrakurikuler ini,"terang H.Rasidi.


Sementara Hariba,saat di tanya tentang perannya dalam kegiatan ini mengungkapkan "bahwa kami diberi tugas dan tanggung jawab kegiatan ekstra Kurikuler tahunan di sekolah ini"


"Selain kita mengajar cara memukul gendang, cara memetik kecapi dan meniup suling yang benar, juga mengajar cara menari teradisional dengan benar dan kompak dalam keseluruhannya",tutup Hariba.(m.yu)

Bagikan Berita Ini Melalui :
Jurnal Satu

TAMBAHKAN KOMENTAR

406191870095525094