BLANTERVIO103

A. Supriadi, Kades Tottong dengan Seabrek Prestasi Untuk Desa

A. Supriadi, Kades Tottong dengan Seabrek Prestasi Untuk Desa
Kamis, 20 September 2018

JURNALTIME.com, SOPPENG-- 12 Tahun menahkodai Desa Tottong sebagai Kepala Desa, Andi Supriadi telah menorehkan beragam Prestasi dan pencapaian baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional.


Desa Tottong yang sebelumnya lebih banyak dikenal sebagai desa penghasil padi, berhasil disulap oleh Andi Supriadi menjadi desa yang juga bisa menghasilkan tanaman Palawija dan Buah Naga.


Bahkan khusus untuk Buah Naga, Kades Tottong ini berhasil membuat lapangan kerja baru dan penghasilan tambahan untuk masyarakat, sebuah slogan untuk desa yang berbunyi "Tiada halaman Tanpa buah naga, Tiada lahan tanpa menghasilkan" pun menjadi semboyan khusus untuk Desa Tottong.


"Pengembangan buah naga ini sudah dilakukan di masa masa periode saya, dan pada tahun 2010 akhirnya buah naga dari desa tottong bisa mulai dikenal oleh masyarakat luas" tutur Andi Supriadi, Rabu (19/9).


Namun selain prestasi di pertanian buah naga, Kades Tottong ini juga terus melakukan inovasi inovasi terbaru, seperti diantaranya Pelatihan lebah madu, Pelatihan konsep pertanian alami, dan pembentukan kelompok Tani buah naga dan Kelompok wanita Tani yang bekerja sama dengan dinas pertanian kabupaten Soppeng.


Pun halnya dengan bantuan bantuan khusus untuk para petani, bahkan terbaru ditahun 2017 rencana, total sebanyak 30 buah kotak lebah trigona diberikan kepada kelompok tani setempat.


"Untuk tahun 2018 ini, kami akan mewakili Kabupaten Soppeng dalam penilaian calon desa terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, dengan Indikator pelaksanaan dan inovasi meliputi bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) pengembangan ekonomi dan pengembangan Budaya"


"Semoga Prestasi sebelumnya seperti Juara I Lomba Desa Tingkat Kabupaten, dan Terbaik V Pelaksanaan Pemanfaatan Pekarangan Tingkat Provinsi dapat kembali terulang, demi kemajuan Desa Tottong sendiri" pungkasnya.(ia/m.yu)

Bagikan Berita Ini Melalui :
Jurnal Satu

TAMBAHKAN KOMENTAR

406191870095525094